Minggu, 19 April 2020



Resume Menulis Pemilihan Kata , Kalimat Dan Paragraf
Pada malam ini menulis gelombang 7 di mulai bersama om jay dan moderator kita pak Bambang atau Mr Bams yang memulai acara kuliah dan bersama nara sumber kita yang sudah di nantikan oleh peserta menulis Bapak Imam Fitri Rahmadi beliau menyapa dan memberikan salam selamat siang waktu Austria lalu memperkenal  kan diri saya Imam Fitri Rahmadi saya sedang kuliah S3 di Johannes Kepiler University Linz Austria 2019 sekarang dan pernah menulis 2 biku yang pernah di terbitkan oleh elex media lomputindo ketika masuk kuliah SI di UNJ Jakarta (2018 - 2019). Setelah menyapa beliau meminta semua peserta untuk membaca dan memahami materi di blog nya (https://ngabelasewordpress.com) selama 30 menit pada malam ini menyampaikan materi dasar menulis , meliputi pemilihan kata, penulisan kalimat dan penyusunan paragraf.
a. Pemilihan Kata
Pemilihan kata di sebut dengan diksi antar penulisan personal formal dan akademik , diksi yang di gunakan sangat bebas. Contoh tiga kalimat di bawah ini : 
Ibu sedang berbincang - bincang dengan kepala sekolah
ibu sedang berbicara - bicara dengan kepala sekolah
Ibu guru sedang berdiskusi dengan kepala sekolah
b. Penulisan kalimat
Kalimat terdiri dari kalimat sedeharna (simple sentence), kalimat gabungan (complex sentences) , kalimat kompleks (complex sentences) dan kalimat campuran.
1.Kalimat Sedeharna
Saya membuat di blog
2. Kalimat Gabungan
Ssya membaca tulisan di blog untuk menambah pengetahuan saya tentang menulis kolom.
3. Kalimat Kompleks
Saya mrmbaca tulisan di blog ketika sedang bekerja di rumah
4. Kalimat Campuran
Saya membenci tulisan di blog untuk menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalimat sedang bekerja di rumah

c. Penyusunan Paragraf
Paragraf adalah kumpulan kalimat yang mempunyai satu kalimat topik sebagai ide pokok atau gagasan utama dan beberapa kalimat penjelas sebagai ude pokok supaya enak di baca dan tulusan mudah di pahami , susunan psragraf deduktif gunakan kalimat sedeharna untuk membuat kalimat topik pastikan ada ide meletakan ide pengontrol atau controlling ide pada setiap kalimat topik bentuk kalimat penjelas harus bervariasi terdiri dari kalimat gabungan dan kompleks serta di lengkapi dengan konjuksi sebagai transisi antar kalimat supaya paragraf di baca dan mudah di pahami.
Contoh paragraf yang baik : 
Bekerja dari rumah memiliki kekurangan dan kelebihan. Pada satu sisi bekerja dari rumah menjadikan jadwal tidak begitu jelas sehingga karyawan hanya membuat jadwal sendiri. bekerja jadi tidak nyaman memiliki rumah yang sempit pada sisi lain lebih fkeksibel dan kebih banyak waktu bersama keluwarga selain itu bekerja dari rumah dapat menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi. Supaya paragraf enak di baca dan tulisan mudah harus di pahami sebaik nya menggunakan paragraf deduktif. Paragraf yang baik tentu nya harus mempunyai kalimat topik dan penulisan kalimat yang baik.
Trima kasih kepada om jay dan nara sumber kita Bapak Imam Fitri Rahmadi atas ilmu nya yang pada malam telah memberikan ilmu nya kami.


Tin Muliasabatin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar