Minggu, 19 April 2020



Resume Menulis dan Menerbitkan Buku Berkualitas
Pertemuan pada malam ini dalam menulis gelombang 7 bersama om jay dan dengan nara sumber seorang penulis buku Best Seller " Man jadda Wa Jadda " Bapak Dr Akbar Zainudin pada malam ini akan memaparkan langkah - langkah dalam menulis terampil jika di si gkat menjadi ( TOJTRP) : 
1. Langkah pertama adalah tentang membangun kepercayaan dan motivasi diri dan motivasi diri dalam menulis kepercayaan diri sangat penting , karena biasa nya yang membuat kita berhenti menulis adalah karena tidak percaya diri bagian ini juga mengajak kita meneguhkan niat dan tekad mengapa menulis buku.
2.Langkah kedua adalah bagaimana menulis buku.Bagian ini menjawab pertanyaan tentang apa yang bisa kita tuliskan? Kalau sudah di tulis orang lain bagaimana ide untuk tulisan kita.
3. Langkah ketiga akan membahas dan target penulisan buku. Banyak orang bisa menjadi kan nya sebagai buku yang di tulis nya akan terbit membuat target yang detail dengan tanggal akan memacu kita menyelesai kan buku.
4. Langkah ke empat adalah bagaimana memasarkan buku di mulai dari memgenal pembaca hal ini berhubungan dengan banyak hal dengan gaya bahasa, mengenali kebutuhan, berapa halaman yang ku tulis dan banyak lagi yang membantu mempromosikan buku dengan berbagai aktivitas bagian ini akan memberikan gambaran apa saja yang yang bisa kita lakukan untuk membantu memasarkan buku tentu kita ingin buku kita laku.
5.Langkah ke lima adalah mengenal penerbit setiap penerbit mempunyai ciri khas dan warna terbitan yang berbeda . Ada penerbit yang lebih banyak menerbitkan buku anak dan remaja dengan mengetahui karakter setiap penerbit kita bisa menyesuaikan buku kita dengan penerbit mana.
6.Langkah ke enam adalah membangun tekad menyelesaikan tulisan menjadi buku. Mari kita buat catatan sejarah yang baik dalam hidup dengan menulis buku dan setelah menjadi penulis jangan pernah berhenti belajar agar tulisan kita bisa menjadi lebih baik dan di terima pembaca dari waktu ke waktu.

Bagian terakhir adalah latihan sekaligus rencana menulis buku di mulai dengan dasar hingga latihan membuat target selesai membaca buku ini adalah anda sudah mempunyai Qutline (daftar isi) buku yang akan anda tulis dan juga target dari penulisan buku anda disiplinkan diri memenuhi target hingga buku anda , benar - benar bisa di terbitkan. 
Demikian lah resume ini saya buat terima kasih kepada om jay dan Bapak Akbar Zainudin atas ilmu nya malam ini yang sangat luar biasa.


TITIN MULIA ATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar