Minggu, 19 April 2020

Resume Belajar Menulis Dasar kata Kalimat dan Paragraf
Pada malam ini sebagai moderator Om Jay dan nara sumber kita malam ini Bapak Imam Fitri Rahmadi beliau adalah sebagai dosen Universitas Pamulang sedang ambil kuliah S3 di Johannes Kepler Universitas Lin Austria (2019 s/d sekarang) ia pernah menulis 2 buku yang di terbitkan oleh elex media komputer ketika masih di kuliah SI di jakarta (2018 - 2019) pada penghujung kuliah S2 di Universitas Negeri Jakarta beliau mulai menulis untuk akademik menurut beliau semua orang bisa menulis yang paling sedeharna kita menulis di wa , facebook dan instagram.Pada malam ini ia memberikan materi dasar menulis meliputi :  pemilihan kata , penulisan kalimat , dan penyusunan paragraf materi ini di tulis untuk bisa di gunakan bukan hanya untuk penulisan akademik tapi juga untuk penulisan personal dan formal.
a.Pemilihan kata
Perihal pilihan kata di sebut dengan diksi antara penulisan personal,formal, diksi yang di gunakan bisa berbeda meskipun di maksud kan untuk mengungkap kan hal yang sama.
b. Penulisan kalimat 
Kalimat terdiri dari kalimat sedeharna (simple sentences), kalimat gabungan, kalimat kompleks dan kalimat campur
c. Penyusunan paragraf adalah kumpulan kalimat yang mempunyai satu kalimat topik sebagai ide pokok atau gagasan utama dan beberapa kalimat penjelas sebagai detail yang menjelas kan ide pokok.Supaya enak di baca dan tulisan mudah di pahami.
Contoh paragraf : 
Bekerja dari rumah memiliki kekurangan dan kelebihan pada satu sisi bekerja dari rumah menjadikan jadwal kerja tidak begitu jelas sehingga membuat jadwal kerja tidak begitu jelas pada sisi lain bekerja di rumah jadi lebih fleksibel dan banyak waktu untuk santai dan keluwarga. Selain itu kerja di rumah menghemat pengeluaran biaya operasional kantor.
Itulah materi yang di sampai kan pada malam ini bersama Om jay dan  Bapak Imam Fitri Rahmadi sebagai nara sumber terima kasih atas ilmu nya yang bermanfaaat bagi saya dan membuat saya termotivasi.

Tin Mulia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar