Minggu, 19 April 2020



Resume kunci Sukses Menjadi Guru Berprestasi
Pada malam ini belajar menulis gelombang 7 bersama Om jaya moderator kita Mr Bams biasa di sapa dan nara sumber kita beliau Bapak H. Emcom Rahma beliau guru berprestasi TK Nasional dan International penerima Princes Galeri Award 2017.
Lomba guru berprestasi bukan hanya ada di indonesia tetapi lomba ini. Juga di terapkan di negara lain termasuk asia tenggara itulah sebab nya pemerintah setiap tahun mengadakan lomba gupres merupakan ajang berprestasi dan bergengsi bagi seorang guru di katakan demikian karena penilaian gupres kebih komprehensif dan menyeluruh sebagai mana dalam UUD tahun 2015 tentang itu adalah profesi mencakup 7 M yaitu ;
a. Mendidik
b. Membimbing
c. Mengarahkan
d. Melatih
e. Menilai
f. Mengajar
g. Mengevaluasikan
Apabila guru tidak memiliki 7 m maka akan menjadi pertanyaan besar seorang profesional pada sisi lain pemerintah sebelum mengadakan lomba gupres baik tingkat jenjang Tk , SD , SMP , SMA di antara nya memiliki tujuan : 
1. Mengangkat guru sebagai profesi yang terhormat
2. Meningkatkan motivasi dan profesional guru dalam melaksanakan profesi
3. Meningkatkan persaingan yang sehat pemberian penghargaan di bidang pemdidikan
4. Membangun komprtensi mutu dalam rangka peningkatkan mutu pembelajaraan menuju standart nasional pendidikan dengan mengacu kepada tujuan pemiliham gupres ini rutinitas di selengarakan setiap tahun untuk menjadi guores merupakan ajang prestasi bagi seorang guru bagi rekan guru yang tertantang mengikuti lomba guru gupres di persiap kan sejak dini untuk menjadi guru gupres.
Unsur - unsur yang nilai mengikuti seleksi guru adalah : 
a. Kompetensi kepribadian
b. Kompetensi sosial
c. Kompetensi profesi
d. Kompetensi pedagogik
Ke 4 unsur ini itu harus di buktikan dalam bentuk portofolio , wawancara , tes , presentansi dam sikap kita dalam mengikuti nanti nya dalam gupres
Trima kasih kepada Om jay , Mr Bams dan nara sumber kita Bapak H. Encom Rahma atas ilmu yang luar biasa ini.

Titin Mulia Ati 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar